Tuesday, October 25, 2016

Festival HAM 2016 Cerminan Dari Kata Bojonegoro MATOH

Foto Karnaval Budaya HUT RI dan HUT Bojonegoro ke-339 2016
Go-files.com - Apa yang terlintas dibenak kalian ketika mendengar kata MATOH ? tentu bukan satria bajahitam dan jaka sembung kan? Sudah pasti yang terlintas dibenak kalian adalah Kota Bojonegoro, Kang Yoto (sebutan akrab Bupati Bojonegoro), ledre dan sudah pasti sumber minyak. Ya memang itulah yang kini menjadi slogan kota Bojonegoro yaitu MATOH, kata yang diambil dari bahasa jawa yang berarti kokoh, kata matoh sendiri digagas oleh Bupati Bojonegoro Kang Yoto yang sekiranya selogan itu menjadikan kota Bojonegoro yang kuat, sejahtra dan menarik. Sedangkan Festival HAM 2016 sendiri adalah sebuah pagelaran atau perhelatan yang mempunyai nilai sila – sila kegotongroyongan, persatuan, dan kesejahtraan serata kegembiraan.

Kurang lengkap rasanya jika kita bicara Festival HAM 2016 Cerminan Dari Kata Bojonegoro MATOH kalau tidak menggali kenyataan dari kata Bojonegoro MATOH. Mulai dari pendidikan, kesehatan, perekonomian, budaya, wisata dan keunikan lainnya yang mampu mewarnai kota Bojonegoro. Namun disini saya tidak akan mengupas semua dari paparan diatas namun hanya bebrapa saja, jika dikupas semua tentu tidak akan cukup jika dimuat dalam satu halaman ini, nah mari kita kupas mulai dari :

Media dan Informasi
kalian pasti pernah dengar kata "njungok bareng" ya, itu istilah yang khas dari bupati kota ledre, yang dimaksud njungok bareng atau diskusi bupblik adalah duduk bersama, bermusyawarah dalam menyelesaikan sebuah masalah lokal yang sekiranya menjadi kendala. Kang Yoto membuat sebuah rutinan yaitu setiap hari jum'at mengadakan musyawarah tanya jawab yang di hadiri dari berbagai unsur diantaranya masyarakat biasa, tokoh masyarakat, perangkat, kepala desa, kontraktor dan lain - lain, diharapkan dari situlah muncul solusi dari masalah - masalah yang dihadapi, dan sejak Kang Yoto menjabat trasparasi dari semua bidang menjadi konsumsi publik, dengan demikian diharapkan masyarakat ikut menjadi bagian dari pengawasan dan masyarakat yang cerdas, bersama - sama ikut membangun kota bojonegoro agar lebih matoh, kegiatan tersebut tidak hanya bisa diketahui bagi yang ikut diskusi dipendopo Pemkab melainkan semua masyarakat bojonegoro bisa mengetahui proses dan hasil diskusi, karena semua itu informasikan secara live dengan berbagai media seperti siaran radio, media sosial dan lain - lain sebagainya. inilah yang sering kita temui dikota lain.

Pendidikan
Emang apa yang beda dari pendidikannya bro? Pasti dalam benak kalian berpikir seperti itu, ya jelas beda lah bro.. diBojonegoro siswa yang sekolah berjenjang SMP sedrajat dan SMA sedrajat justru dibayar bro, setiap tahunnya siswa – siswi ini didberi insentif kurang lebih 2 jutaan. ada atau tidak kira – kira di Indonesia yang seperti pendidikan di Bojonegoro? Itu salah satu hal yang terlihat, namun itu hanya salah satu contoh saja kematohan Bojonegoro dalam hal pendidikan. Karena Kang Yoto menganggap pendidikan sangat penting untuk membangun SDM dibojonegoro dalam menghadapi kemajuan zaman, sehingga Bapak Bupati Bojonegoro tidak ingin masyarakatnya putus sekolah gara – gara tidak mempunyai biaya.

Wisata
Sejak Bupati Bojonegoro menggagas “gali potensi desa” banyak sekali potensi desa yang muncul berkaitan dengan budaya dan wisata sehingga Bojonegoro mempunyai warna baru didalam hal wisata diantaranya :

  •          Kahyangan Api Abadi
Banyak sekali warga dari luar kota bojonegoro yang takjub setelah melihat api abadi ini, karena api ini tidak pernah padam sekalipun terguyur hujan deras. Api yang muncuk ketika zaman kerajaan ini tidak hanya mengagumkan namun juga tempat yang coock untuk belajar sejarah dan bahkan disekitar api terdapat sumur yang airnya seperti mendidih dan tidak pernah kering, konon air itersebut manjur untuk obat sakit gigi dan jerawat diwajah.

Dokumentation outbond school
  •         Wisata Negeri Atas Angin
Wisata yang berada dipuncak pegunungn paling selatan dari kota Bojonegoro ini menambah keindahan kota Bojonegoro, sering sekali para komunitas motor trail hampir setiap hari minggu mengadakan pertemuan ataupun even latihan dan para muda mudi melepas penat kesana. Jarak dari kota Bojonegoro lumayan jauh karena beradapa paling selatan, namun didalam perjalanan menuju lokasi kalian bakal disuguhi kawasan hutan yang sejuk dan  menyenangkan. 
Moment with my family
  •  Teksas Wonocolo 
Tempat ini juga berada ditempat puncak pegunungan disebelah utara agak ke barat, wisata ini terdapat sumur tua yang sangat bersejarah bagi kota Bojonegoro yang saat ini dikenal kota minyak. gambar disamping sangatlah mempesona dari jarak kejauhan sehingga memberi kesan tersendiri jika kita bisa berkunjung kesana.
file from google created style pict by gofiles
Di atas tersebut beberapa wisata alam yang baru yang sangat fenomenal selain kedung maor dan air terjun yang ada dibubulan. selain itu wisata yang cocok bagi keluarga yaitu dander park, kebun blimbing, kebun salak, kebun jambu, dan banyu biru yang sekarang digunakan untuk wisata arum jeram.

Budaya
Budaya yang identik dikota Bojonegoro adalah sindir (tayub) dan suku samin. Setiap saya pergi keluar kota jika ditanya “peyan dari mana mas?” jawab : Bojonegoro bro. ditanya lg “wah kenal sinden tayub dong?” jawab: hehe… gak kenal tapi ya tahu rumahnya. Nah dari sini betapa tenarnya budaya Bojonegoro yang satu ini hingga sangat terkenal dan fenomenal. Dan yang tak kalah ternalnya lagi suku samin, suku yang hidup berkelompok di pinggiran hutan ini sangat jadi pembahasan ketika seseorang berkata kayak orang nyeleneh. Contoh: sudah makan bro jawab: belum lah.. wong gak ada nasi disini ( nah itu disebut perkataan atau jawaban nyamin), memang kelihatan nyeleneh namun itulah wujud kepolosan dan kejujuran ketika mereka berkata, suku samin masih memegang teguh norma - norma dan nilai - nilai kesilaan, tak heran jika mereka menjadi suku yang yang dikenal luas khususnya bagi masyarakat kota Bojonegoro.
show tayub in Ds. tengger Kec. Ngasem

Paparan di atas tidak begitu saja terkenal tanpa campur tangan leader of genius yang mampu mengangkat potensi - potensi local sehingga mampu dikenal secara luas, sehingga pada tahun ini mendapat penghormatan yang sangat berharga, pada tahun ini kota Bojonegoro akan ditempati sebagai tempat even nasional yaitu Festival HAM 2016. Karena Bojonegoro sangat cocok untuk ditempati.

Untuk mengakhiri cacatan saya ini, saya mengajak kepada teman – teman semua jangan sampai putus sekolah karena pendidikan itu sangat penting, apalagi warga bojonegoro pasti nyesel kalau sampai putus sekolah. dan mari kita gali potensi desa kita, potensi diri kita sehingga kita menjadi manusia yang berdaya. Jangan mencari pekerjaan tapi buatlah pekerjaan. Dan setinggi tingginya jabatan tetap saja karyawan, namun sekecil apapun pekerjaan yang kalian buat sudah pasti anda BOSnya. 

55 comments:

  1. tepatnya kapan min dlaksanakan vestival HAM dbojonegoro ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAllah 30 November - 2 Desember gan. hadir ya :)

      Delete
    2. oke min, trims infonya. moga acaranya sukses dan lancar

      Delete
  2. Wah baru tau ane gan, thanks ya

    ReplyDelete
  3. baru tau ada festival ginian gan, makasih banget

    ReplyDelete
  4. Festival HAM? Wah bagus sekali ini. Kapan ya dikotaku ada

    ReplyDelete
  5. Wah ternyata ada juga ya Festival HAM

    ReplyDelete
  6. wih keren banget tuh, pasti rame

    ReplyDelete
  7. Atas angin itu yg katanya bukit cinta ya??? Pngen bget ksna tp gk tau rute jalnya. Hehe mkin matoh aj ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari kota bojonegoro arah selatan, bisa lewat temayang - bubulan atau bisa juga arah ngasem lurus keselatan sampai puncak pegunungan.. silahkan lihat google map :)

      Delete
    2. Untuk jalany apakah baik min

      Delete
  8. Festival Keren Nih Ada Juga Ya Yang Ginian,,, Thanks Gan Info Nya,,,,

    ReplyDelete
  9. di Bojonegoro festivalnya memang sungguh keren, termasuk parisiwatanya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sekali wisata dibojonegoroyg blm terekspos

      Delete
  10. Wah. Bojonegoro hebat banget dalam mencetak generasi muda dengan mengutamakan pendidikan dan bisa ngebayar siswa SMP dan SMA sederajat. Maju terus buat Bojonegoro

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa gan... ini upaya pemerintah Bojonegoro untuk meningkatkan SDM generasi muda yang cerdas..
      trims kunjungannya

      Delete
  11. matab bos... semoga Bojonegoro semakin MATOH.... buat tulisanya keren.!! lanjut brkarya (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maksih bos dah sudi mampir... iya semoga kota kita jadi lebih matoh

      Delete
  12. suku samin itu tinggalnya disebelah mana ya dari kota bojonegoro dan apa nama kecamtannya.. mungkin suatu saat temen temen mahasiswa mau belajar saya ajak kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suku samin itu di Desa margomulyo, Kec Margomilyo, Kab bojonegoro, untuk tempatnya silahkan lihat google map biar lebih jelasnya gan..

      Delete
  13. Hm.... cukup menarik kak pembahasannya....

    Nambah pengetahuan saya...

    ReplyDelete
  14. wah... sekolah aj dapat insentif.. bojonegoro matoh.. lanjut bapak bupati...

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims dukungannya sist... semoga makin matoh bojonegoro

      Delete
  15. Replies
    1. semoga bojonegoro lebih matoh. heheh trims atas kunjungannya gan

      Delete
  16. Nice artikel gan, informasi yg sangat membantu

    ReplyDelete
  17. Replies
    1. insyaAllah 30 November - 2 Desember gan. hadir ya :)

      Delete
  18. Ternya bojonegoro wisatanya banyak juga ya ga.... Baru tau
    Untuk wisata yg kepgunungan itu jlanya apakah sudh baik min jika memakai moni?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudy mobil? meskipun blm 100% bagus tapi setidaknya tak ada kendala jika kesana memakai mobil gan

      Delete
  19. Suku Samin itu dari Bojonegoro ya (sering denger orang ngata2in org aneh dg kata2 "ojo dadi wong Samin" padahal aslinya mereka hanya polos ya). Nah anak sekolah aja dibayar. Harusnya mereka bersungguh2 belajar ya kelak di masa datang mereka bisa terus membuat Bojonegoro menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  20. Keren gan isinya... Mari mampir gan ke implementasi sila ketuhanan yang maha esa dalam kehidupan sehari hari suku samin bojonegoro

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Bojonegoro MATOH...!!!
    Semoga tetap terjaga kerukunan, keramaha, keamanan,serta kegotong royonganya...
    Tak ada permusuhan antar sesama manusia,yg ada hanyalah seduluran (persaudaraan).
    Ojo drengki,srei ,dahwen lan kemeren...
    "SAMIN" sami-sami amin

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya dan silahkan berkomentar dengan sopan tanpa mengandung unsur melecehkan, rasis, sara, pornografi dan jangan cantumkan link. kebijakan komentar sepenuhnya milik admin.